Berita Terkini:

Home » , » Mengapa Berinvestasi Emas

Mengapa Berinvestasi Emas


Emas telah memainkan peran yang sangat besar sejak pertama kali ditemukan. Kisah emas begitu kaya dan kompleks seperti logam emas itu sendiri. Sejarahnya penuh kisah peperangan untuk memperebutkannya, cinta dinyatakan dengan emas dan emas berfungsi sebagai simbol status.

Emas adalah fondasi dasar aset dalam portofolio penyimpanan atau investasi jangka panjang. Selama berabad-abad, khususnya selama masa-masa krisis finansial, para investor berusaha melindungi nilai asetnya. Sebagai pelindung kekayaan yang penting, kestabilan emas masih tetap kokoh bahkan untuk investor zaman ini.

sebagai salah satu dari sedikit aset finansial yang tidak bergantung pada janji pembayaran dari penerbitnya, emas menawarkan keamanan dari risiko wanprestasi. Emas juga menawarkan jaminan terbaik bagi para investor terhadap pergerakan ekstrem nilai kelas aset lainnya.


Diversifikasi Portofolio
Sebagian besar orang memiliki investasi terbesar dalam bentuk aset finansial tradisional seperti obligasi dan saham. Dengan diversifikasi portofolio Anda bisa memberikan proteksi tambah terhadap fluktuasi nilai dari suatu aset atau sekelompok aset. Faktor risiko yang bisa mempengaruhi harga emas cukup berbeda dari faktor yang mempengaruhi aset finansial tradisional lainnya. Sejarah menunjukkan, portofolio yang mengandung emas biasanya lebih bertahan dan lebih stabil daripada yang lainnya.


Pelindung dari Inflasi
Siklus pasar datang dan pergi, terus berulang. Tetapi, dalam jangka panjang, daya beli akan bertahan. Nilai emas, dalam kaitannya dengan barang dan jasa nyata yang bisa dibeli oleh emas, tidak hanya bertahan sangat stabil tapi juga meningkat harganya selama berabad-abad. Di lain pihak, daya beli dari banyak mata uang menurun, sebagian besar karena meningkatnya harga barang dan jasa. Dari sini para investor sering sangat mengandalkan emas untuk menangkis efek dari inflasi dan fluktuasi mata uang.


Pelindung Nilai Mata Uang
Emas dipakai sebagai pelindung dari fluktuasi mata uang, khususnya dolar Amerika. Jika mata uang perdagangan utama dunia, Dolar Amerika meningkat, biasanya harga emas turun. Sebaliknya, turunnya dolar relatif terhadap mata uang utama lainnya mengakibatkan kenaikan harga emas. Karena alasan ini, emas secara konsisten terbukti merupakan salah satu aset terbaik dalam perlindungan terhadap kelemahan dolar.


Manajemen Risiko
Emas bisa digolongkan sebagai komoditi yang lebih stabil daripada sebagian besar komoditi lain dan banyak indeks ekuitas. Emas nampaknya berlaku lebih seperti mata uang itu sendiri. Aset dengan tingkat kestabilan yang tinggi akan membantu penjaminan risiko keseluruhan dalam portofolio Anda. Emas juga membantu mendiversifikasi risiko secara lebih efektif dengan melindunginya dari peristiwa negatif yang jarang atau kecil kemungkinannya untuk terjadi tetapi terjadi sebagai akibat kejadian lain, yang sering disebut sebagai "tail risks".

Permintaan dan Persediaan
Meningkatnya harga emas telah mengubah keseimbangan persediaan dan permintaan. Panjangnya waktu penambangan emas mengingatkan kita bahwa produksi emas relatif tidak memadai, walaupun permintaannya meningkat. Karena itu naiknya harga emas sejak tahun 2001 tidak mengakibatkan kenaikan yang berarti pada tingkat produksi emas. Permintaan akan emas menunjukkan pertumbuhan yang terus menerus akhir-akhir ini, sebagian karena tingkat pendapatan yang meningkat di pasar-pasar utama. Faktor-faktor persediaan dan permintaan ini telah meletakkan fondasi yang kokoh bagi pandangan paling positif terhadap emas selama lebih dari seperempat abad.

Sumber : http://investasilogammulia.com/?reg=hasuntea
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

 
© Copyright 2012 HASUN | selalu berbagi info | Inspired Wordpress Hack | Proudly powered by Blogger - All Rights Reserved.